Menugal Ladang Kerontang

ladang-ladang hati kami telah kering kerontang oleh kemarau tauladan panjang hingga dendang dendam ketidakadilan mengakar-tunggang menyulur menjalar meretakkan pilar-pilar.


kami tak pernah berharap lebih dengan turunnya deras hujan, hanya musim labuh dengan rinai yang rintik dan sengat matahari tak begitu terik pun kami syukuri agar kami dapat menugal ladang-ladang hati kami sendiri, menyemaikan biji-biji harap masa depan sebagai zikir lelaku kami bersama dan atas nama Tuan kami.

namun labuh pun sering salah musim dan kami hanya bisa menyalahkan cuaca tanpa bisa berbuat apa-apa. kami hanya dapat mengeja ketika angin gemetar menebar benih-benih pedih setelah mereka menugal ladang-ladang malang kami.

lalu tersemailah tunas-tunas duka menggayut di lindap muka menyembul api dibalik dada sewaktu-waktu menyulut membakar ladang-ladang kerontang mengirim asap merintikkan mata.

begitulah berabad-abad telah lewat kami saksikan kepedihan dalam dendam sejarah selalu berdarah-bernanah oleh ulah tetua-tetua kami.

masa lalu telah mengajari agar kami harus kokoh dan tak boleh roboh menggenggam Tugal kami sebagai pegangan menyemai bibit kehidupan, pedoman tanwujud mengakrabi maut.



Gresik, 17 Desember 2008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Hamsad Rangkuti: Panggilan Rasul

Cerpen Hamsad Rangkuti: Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu?

Cerpen Umar Kayam: Seribu Kunang-Kunang di Manhattan